Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunaka metode pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SDN 100303 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Tapanuli Selatan

Hasibuan, Sri Wardani (2023) Upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunaka metode pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SDN 100303 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana Hasil belajar siswa yang kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70 yang ditentukan sekolah. Hal tersebut terlihat dari 29 peserta didik masih ada 20 peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 100303 Pargarutan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan hasil belajar siswa, metode pembelajaran group investigation (GI) dan pembelajaran IPS, dimana peneliti dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi fenomena pada siswa kelas IV SDN 100303 Pargarutan. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hasil belajar siswa, metode pembelajaran group investiga-tion (GI) dan pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, sumber data yang digunakan data primer, teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan tes dan observasi, objek penelitian adalah siswa SDN 100303 Pargarutan. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara mencari nilai rata-rata siswa yang dil-akukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pada siklus I, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I pertemuan 1, terdapat 36% siswa yang tuntas, sedangkan pada pertemuan 2, angka tersebut meningkat men-jadi 43%. Pada siklus II, persentase siswa yang tuntas semakin meningkat menjadi 71% pada pertemuan 1 dan 93% pada pertemuan 2. Selain itu, terjadi peningkatan nilai rata-rata keseluruhan siswa dari 58,57 pada pra siklus menjadi 79,28 pada si-klus II pertemuan 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan mod-el pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS di kelas kelas IV SDN 100303 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan telah memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Group investigation; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:32
Last Modified: 12 Dec 2023 03:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9912

Actions (login required)

View Item View Item