Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan

Harahap, Muhammad Rinaldi (2023) Strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100216.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak lembaga keuangan bank maupun non bank yang hadir dengan tujuan membantu mensejahterakan ekonomi masyarakat luas. Salah satu diantaranya adalah Pegadaian Syariah. Pegadaian syariah hadir ditengah-tengah masyarakat dengan slogan “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”. Berdasarkan data jumlah nasabah Pegadaian Syariah Sadabuan mengalami fluktuasi sejak tahun 2019-2022. Pada tahun 2019 jumlah nasabah meningkat disertai dengan kenaikan jumlah dana, kemudian tahun 2020 terjadi peningkatan jumlah nasabah namun penurunan jumlah dana, pada tahun 2021 jumlah nasabah kembali naik disertai jumlah dana, kemudian pada tahun 2022 jumlah nasabah kembali naik di angka 22.194 nasabah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran terutama segmentasi pasar pada Pegadaian Syariah Sadabuan dalam meningkatkan jumlah nasabahnya. Rumusan masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan strategi segmentasi pasar pada Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan dalam memasarkan produk yang dimiliki dan meningkatkan jumlah nasabah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan strategi segmentasi pasar pada Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan dalam memasarkan produk yang dimiliki dan meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan segmentasi pasar Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi segmentasi pasar yang dilakukan Pegadaian Cabang Syariah Sadabuan dengan melakukan segmentasi, targeting dan positioning serta penerapan variabel geografis, demografis, psikografis dan variabel perilaku menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dibuktikan dengan meningkatnya jumlah nasabah dan jumlah dana pada tahun 2021-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Pasar; Strategi; Segmentasi; Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Dec 2023 04:33
Last Modified: 09 Dec 2023 04:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item