Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh self service technology terhadap minat dan loyalitas mahasiswa menggunakan layanan digital sharia banking

Nasution, Lulu Mumtaz (2023) Pengaruh self service technology terhadap minat dan loyalitas mahasiswa menggunakan layanan digital sharia banking. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dunia perbankan jika ditinjau dari beberapa waktu terakhir cukup pesat. Baik perbankan jenis konvensional maupun perbankan syariah. Hal ini dapat dilihat baik dari segi kualitas layanan yang berbasis manual maupun teknologi digital. Persaingan yang ketat antar perusahaan perbankan menjadi salah satu pekerjaan rumah yang besar dalam menarik minat nasabah dan mempertahankan nasabah yang sudah ada. Sebagai agent of change yang juga dianggap memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang perbankan, mahasiswa menjadi salah satu target pasar yang baik dan dianggap dapat mendukung berkembangnya kebijakan perbankan terkait produk-produknya tersebut. Namun minimnya pengetahuan mahasiswa tentang sistem yang diterapkan oleh bank syariah menimbulkan berbagai respon yang berbeda-beda. Rumusan dalam penilitian ini adalah apakah self service technology secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap minat dan loyalitas mahasiswa menggunakan layanan SST. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah self service technology berpengaruh terhadap minat dan loyalitas mahasiswa menggunakan layanan SST. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan self service technology. Teori – teori yang digunakan antara lain adalah teori tentang sistem informasi manajemen, digitalisasi perbankan dan minat nasabah. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 99 responden. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastiditas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu uji koefisien determinasi (R Square), uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) serta menggunakan software SPSS versi 21. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa self service technology bernilai positif dan signifikan terhadap minat dan loyalitas mahasiswa menggunakan layanan digital banking sharia. Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel self service technology memengaruhi variabel minat sebesar 80,7 % sedangkan variabel loyalitas dipengaruhi sebesar 83,5% sementara sisanya sebesar 19,3% dan 16,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Self service technology; Minat; Loyalitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:25
Last Modified: 01 Dec 2023 04:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9862

Actions (login required)

View Item View Item