Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kemampuan baca tulis al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa Kelas VIII MTs. Swasta Nurul Islam Perkebunan Hapesong Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan

Lubis, Sari Chidayah (2023) Pengaruh kemampuan baca tulis al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa Kelas VIII MTs. Swasta Nurul Islam Perkebunan Hapesong Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100288.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan adalah faktor internal pada setiap individu yang dapat menunjang belajar siswa. Siswa kelas VIII MTs. Swasta Nurul Islam Perkebunan Hapesong Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan masih ada sebagian kecil yang mengalami kesulitan pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis karena kemampuan siswa masih minim dalam membaca dan menulis al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan anatara kemampuan baca tulis al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTs. Swasta Nurul Islam Perkebunan Hapesong Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Adapaun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTs. Swasta Nurul Islam Perkebunan Hapesong Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Metodologi yang digunakan adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 89 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala likert, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t. Peneliti mengambil kesimpulan bahwa kemampuan Baca Tulis al-Qur’an berada pada rata-rata 46,84. Prestasi belajar al-Qur’an Hadis berada pada rata-rata 85,6. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTs. Swasta Nurul Islam Perkebunan Hapesong Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan dengan sebesar pengaruh 77%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Dwi Maulida Sari, M.Pd
Keywords: Kemampuan; Al-Qur’an; Prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:00
Last Modified: 01 Dec 2023 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item