Suhelmi, Rahmad (2023) Pengaruh religiusitas, pengetahuan dan promosi terhadap preferensi masyarakat menggunakan produk perbankan syariah (studi kasus Desa Sialogo Kecamatan Angkola Barat). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100322.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Indonesia adalah negara mayoritas Islam di dunia namun pada kenyataannya masih sedikit masyarakat yang menggunakan bank syariah terkhususnya di Desa Sialogo penduduknya kebanyakan beragama Islam serta berpendidikan tinggi tapi masih sedikit yang menabung di bank syariah. Mereka lebih tertarik untuk menggunakan bank konvensional. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh religiusitas, pengetahuan, promosi terhadap preferensi masyarakat menggunakan produk bank syariah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan dan promosi terhadap preferensi masyarakat menggunakan produk bank syariah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori pengetahuan, teori religiusitas, teori promosi dan teori preferensi. Preferensi merupakan kecenderungan untuk memilih atau menentukan sesuatu hal yang dianggap lebih baik dan suka atau tidak suka terhadap suatu produk. Dari faktor-faktor diatas yang menjadi faktor preferensi masyarakat menggunakan produk perbankan yang dipertimbangkan peneliti adalah religiusitas, pengetahuan, dan promosi. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda, teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan rumus slovin. populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Desa Sialogo berjumlah 217 orang. Uji analisis data yang digunakan yakni, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis, yaitu uji parsial/ (uji t), uji secara simultan (uji f), uji koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS Versi 23 Tahun 2023 Hasil penelitian menjelaskan bahwa religiusitas berpengaruh terhadap preferensi masyarakat menggunakan produk perbankan syariah. Pengetahuan berpengaruh terhadap preferensi masyarakat menggunakan produk perbankan syariah. Promosi berpengaruh terhadap preferensi masyarakat menggunakan produk perbankan syariah. Variabel religiusitas, pengetahuan, dan promosi, secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap preferensi masyarakat menggunakan produk perbankan Syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si |
Keywords: | Religiusitas; Pengetahuan; Promosi; Preferensi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 03:38 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 03:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9827 |
Actions (login required)
View Item |