Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelayanan prima dan etika bisnis Islam terhadap customer retention PT. BSI KCP Sipirok pada karyawan Pondok Pesantren K. H. Ahmad Dahlan Sipirok

Aminah, Rizka (2023) Pengaruh pelayanan prima dan etika bisnis Islam terhadap customer retention PT. BSI KCP Sipirok pada karyawan Pondok Pesantren K. H. Ahmad Dahlan Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masih banyak tenaga pendidik pondok pesantren K.H.Ahmad Dahlan Sipirok yang tidak menggunakan bank syariah, mereka tidak menggunakan bank syariah dikarenakan mereka kurang mengetahui dengan pasti program yang dihadirkan oleh bank tersebut. Dengan demikian, pelayanan prima dan etika bisnis islam dapat mempengeruhi customer retention bagi karyawan pondok pesantren K.H Ahmad Dahlan Sipirok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada dan seberapa besar pengaruh pelayanan prima dan etika bisnis islam terhadap customer retention pada Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yang mana di dalamnya membahas tentang pelayanan prima etika bisnis Islam dan customer retention. Pendekatan yang dilakukan dalam etika bisnis adalah secara islami yang diterapkan pada perbankan syariah sebagai salah satu strategi yang dapat mengaruhi customer retention. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif data primer dengan populasi seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok berjumlah 44 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 orang yang ditentukan menggunakan teknik sampek jenuh. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesisadalah analisis regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan untuk membantu penelitian ini adalah SPSS versi 23. Hasil penelitian yang berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa terdapat Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Customer Retention pada Pondok pesantren K.H.Ahmad Dahlan sipirok dan etika bisnis Islam juga berpengaruh terhadap customer retention pada pondok pesantren K.H Ahmad Dahlan sipirok. Sedangkan uji F menunjukkan bahwa terdapat pengraruh pelayanan prima dan etika bisnis Islam terhadap customer retention.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Zulaika Matondang, M.Si
Keywords: Pelayanan prima; Etika bisnis; Customer retention
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:12
Last Modified: 28 Nov 2023 03:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9825

Actions (login required)

View Item View Item