Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengembangan produk pembiayaan multiguna prohajj dalam meningkatkan minat nasabah (studi kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan Tbk)

Ginting, Alifia Dinanti (2023) Strategi pengembangan produk pembiayaan multiguna prohajj dalam meningkatkan minat nasabah (studi kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan Tbk). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Terlihat bahwa pemasaran produk pembiayaan haji yang masih rendah dikarenakan masyarakat lebih banyak memilih produk tabungan haji. Namun beberapa lembaga Keuangan Syariah kini sudah memiliki produk yang bisa memudahkan masyarakat dalam menjalankan ibadah haji melalui produk pembiayaan haji. Kenyataannya strategi pemasaran yang digunakann masih ada yang kurang efektif sehingga tingkat nasabah yang menggunakan pembiayaan tersebut masih relatif kecil. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apa yang menjadi kelemahan, kekuatan, ancaman, dan tantangan produk pembiayaan multiguna prohajj. Dan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan produk pembiayaan multiguna prohajj di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan Tbk dimasa yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan analisis SWOT. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti peroleh bahwa kekuatan (Strengths) yaitu, meningkatnya profit bank, kemudahan melaksanakan ibadah haji, memberikan kemudahan nasabah, dan pembayaran angsuran yang simpel serta terjangkau. Kelemahan (Weakness) yaitu, persyaratan administrasi sulit dipenuhi, masa tunggu pemberangkatan yang lama, jarak tempuh cukup jauh. Ancaman (Threats) yaitu adanya penolakan produk pembiayaan prohajj oleh pemerintah, terdapatnya produk sejenis di bank lain, minat masyarakat lebih memilih umrah daripada haji, dan produk kompetitor lebih canggih. Sedangkan, peluang (Opportunitys) yaitu, masyarakat masyoritas agama Islam. Selain itu, strategi pengembangan produk pembiayaan multiguna prohajj di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan Tbk dimasa yang akan datang yaitu dilakukannya target pasar baru yaitu sosialisasi dikalangan masyarakat secara langsung dan media sosial. Melakukan pembaharuan produk dengan menambahkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan M. Yarham, M.H
Keywords: Strategi pengembangan; Pembiayaan Prohajj; Bank syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Nov 2023 04:03
Last Modified: 24 Nov 2023 04:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9809

Actions (login required)

View Item View Item