Rambe, Buah Hati Tukma Wanita (2023) Persepsi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam lulusan IAIN Padangsidimpuan di SMAN Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah minimnya semangat belajar dari peserta didik sehingga proses pembelajaran kurang efektif, dikarenakan kompetensi guru PAI masih dibawah standar minimal, sehingga masih ada siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan kompetensi guru masih perlu ditingkatkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam lulusan IAIN Padangsidimpuan di SMAN Kecamatan Rantau Selatan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam lulusan IAIN Padangsidimpuan di SMAN Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan dara yang digunakan observasi dan wawancara. Sumber data yang dibutuhkan yaitu sumber dara primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer merupakan kepala sekolah di 2 SMAN Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu dan sumber data sekunder adalah guru pendidikan agama Islam di 2 SMAN Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan refrensi. Analisis data terdiri dari reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah persepsi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam Lulusan IAIN Padangsidimpuan di SMAN Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu bahwa mengemukakan pendapat positif terhadap pelaksanaan kompetensi pedagogik guru PAI yang harus dilaksanakan oleh guru PAI, kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru PAI tersebut sudah berjalan dengan cukup baik. Atas tercapainya seluruh indikator pada kompetensi pedagogik guru PAI yaitu kemampuan guru PAI dalam memahami peserta didik, kemampuan guru PAI dalam merencanakan pembelajaran, kemampuan guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan guru PAI dalam mengembangkan potensi yang dimiliki setiap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
Keywords: | Kompetensi pedagogik; Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 01:38 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 01:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9803 |
Actions (login required)
View Item |