Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran pedagang ikan asin melalui media sosial (studi kasus di Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis)

Apriana, Leli Eta (2023) Strategi pemasaran pedagang ikan asin melalui media sosial (studi kasus di Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penjualan ikan asin mengalami penurunan pendapatan di Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis permasalahan yang muncul akibat penurunan pendapatan adalah pandemi di tahun 2020. Dikarenakan pandemi di tahun 2020 para pedagang ikan asin menjualkan asinnya melalui Media sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana strategi pemasaran pedagang ikan asin melalui Media Sosial.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pedagang ikan asin melalui media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berhubungan dengan strategi pemasaran dan media sosial yang mana terdapat bahwa strategi pemasaran adalah strategi untuk melayani pasar atau segmen pasar yang dijadikan target oleh seorang pengusaha. Sedangkan media sosial merupakan alat komunikasi, seperti telepon, email, facebook, whatsapp dan yang mendukung tujuan fungsi bisnis penting, termasuk didalamnya hubungan masyarakat, pemasaran, pembangkitan minat pelanggan, layanan pelanggan, dan riset pasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, matrik swot penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media sosial pemasaran dilakukan secara langsung dengan menjualkan di pasar minggu, akan tetapi setelah pandemi, penjualan ikan asin menurun sehingga pedagang beralih ke media sosial untuk memasarkan ikan asinnya. Sesudah menggunakan media sosial pendapatan masyarakat mengalami peningkatan karena pemasaran melalui media sosial cukup berpengaruh cukup besar bagi pembeli yang berada diluar daerah. Setelah di analisis melalui matrik SWOT menyatakan bahwa usaha ini menjalankan strategi SO, WO, ST, WT yaitu, Strategi strength-opportunity, memperkuat kualitas produk ikan asin ikan sebagai nilai jual, Strategi weakness-opportunity, yaitu pedagang ikan asin memanfaatkan Media sosial untuk pemasaran ikan asin, memberikan pelayanan yang baik, mengadakan diskon dan promo tertentu untuk mengubah kelemahan selama ini menjadi sebuah peluang harga, Strategi Strength-Threats, yaitu pemasaran yang diubah lebih milenial, dan praktis menggunakan media sosial sehingga membuat konsumen lebih mudah membeli produk ikan asin dengan kekuatan produk ikan asin yang berkualitas, Strategi weakness-Treaths, yaitu meningkatkan strategi pemasaran, melakukan penambahan modal untuk menandingi pesaing terutama dalam media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap., S.H.I., M.Si dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E
Keywords: Strategi pemasaran; Media sosial; Ikan asin
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:54
Last Modified: 23 Nov 2023 02:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9793

Actions (login required)

View Item View Item