Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan jasa perbankan syariah dengan dimensi CARTER terhadap kepuasan nasabah yang menabung di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KC Padangsidimpuan

Renita, Renita (2023) Pengaruh kualitas pelayanan jasa perbankan syariah dengan dimensi CARTER terhadap kepuasan nasabah yang menabung di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Kepuasan nasabah yang menabung di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KC Padangsidimpuan masih kurang memuaskan atau belum terpenuhi. Dimana nasabah masih banyak mengeluh dan komplain dikarenakan lama dalam melayani nasabah, fasilitas yang kurang memadai dan nasabah yang sedikit pada saat bertransaksi di bank. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh compliance, assurance, reliability, tangible, empaty dan responsiveness secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan nasabah yang menabung di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KC Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh compliance, assurance, reliability, tangible, empaty dan responsiveness terhadap kepuasan nasabah yang menabung di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KC Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori kepuasan nasabah.Pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori perbankan syariah yang berkaitan dengan kualitas pelayanan jasa dimensi CARTER yang berhubungan dengan compliance, assurance,reliability, tangible, empaty, dan responsiveness. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 92 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, kusioner (angket).Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSSversi26. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis (uji t, uji F dan uji R2 ) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruhcompliance terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung> ttabel (2,196 > 1,662). Ada pengaruh assuranceterhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung>ttabel(2,187 > 1,662). Ada pengaruh reliability terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung> ttabel(1,778>1,662). Ada pengaruh tangible terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung>ttabel(5,400 >1,662). Tidak ada pengaruh empaty terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung<ttabel(-1074<1,662).Ada pengaruh responsiveness terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung>ttabel(6,971 >1,662).Sedangkan secara simultan variabel compliance, assurance, reliability, tangible, empaty, dan responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang menabung di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KC Padangsidimpuan dengan nilai Fhitung> Ftabel (37, 348 > 1,84).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Arti Damisa, S.H., M.E.I
Keywords: Compliance; Assurance; Reliability; Tangible; Empaty; Responsiveness; Kepuasan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:00
Last Modified: 23 Nov 2023 02:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9789

Actions (login required)

View Item View Item