Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh islamic branding dan islamic advertising terhadap keputusan pembelian produk halal

Simatupang, Afifah Al Badri (2023) Pengaruh islamic branding dan islamic advertising terhadap keputusan pembelian produk halal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200261.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Keputusan pembelian dilakukan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu pembelian kebutuhan konsumen yang dikonsumsi sehari-hari adalah kosmetik, di UIN Syahada produk wardah lebih banyak pembelinya dibanding kosmetik lainnya. Sehingga banyak faktor yang menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, diantaranya adalah islamic branding dan islamic advertising. Kurangnya kepedulian mahasiswa UIN Syahada terhadap produk yang mereka gunakan, padahal mereka sudah mengetahui bagaimana risiko yang akan mereka alami setelah menggunakan produk yang tidak berlabel halal. Rumusan masalah penelitian ini apakah ada pengaruh islamic branding dan islamic advertising secara signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian produk halal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh islamic branding dan islamic advertising secara signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian produk halal. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu pemasaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori-teori mengenai keputusan pembelian, islamic branding dan islamic advertising . Berdasarkan dengan itu, kajian dihubungkan dengan teori-teori yang berkaitan dengan variabel dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer, serta pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 sampel dengan teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesi dan uji analisis statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian berdasarkan Berdasarkan dari hasil uji t Islamic branding berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai thitung 4,874> ttabel 1,666 dan nilai sig 0,000<0,10 maka H1 diterima. Berdasarkan dari hasil uji t juga dijelaskan bahwa variabel islamic advertising (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai thitung 1,498<ttabel 1,666 dan nilai sig 0,139<0,10 maka H2 ditolak. Berdasarkan hasil pengujian dari uji F dengan nilai Fhitung 44,773>Ftabel 2,38 dan nilai sig 0,000<0,10, jadi dapat dinyatakan bahwa H3 diterima, artinya terdapat adanya pengaruh islamic branding dan islamic advertising secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian produk halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Ananda Anugrah Nasution, S.E., M.Si
Keywords: Islamic branding; Islamic advertising; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:26
Last Modified: 21 Nov 2023 03:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9759

Actions (login required)

View Item View Item