Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran depot air minum isi ulang Berkah Jaya di Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Erwin Soleh (2023) Strategi pemasaran depot air minum isi ulang Berkah Jaya di Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah dengan banyaknya depot air minum isi ulang yang berdiri di Desa Gunung Baringin, Kecamatan Sihapas Barumun, Kabupaten Padang Lawas tentu akan menimbulkan persaingan ketat, dengan ketatnya persaingan tersebut akan membuat pasar terbagi dan akibatnya akan ada depot air minum yang berhenti beroperasi, akan tetapi depot ini tetap beroperasi. Selain itu permasalahan dalam skripsi ini juga terdapat bahwa masyarakat membutuhkan kepraktisan untuk memenuhi kebutuhannya, yaitu dengan menyediakan air minum mineral untuk kehidupan sehari-hari yang dapat langsung dikonsumsi tanpa direbus terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran, keunggulan serta hambatan dalam memasarkan produknya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan stategi promosi yang digunakan depot air minum isi ulang Berkah Jaya adalah door to door yaitu karyawan atau pemilik depot air minum isi ulang Berkah Jaya pergi kerumah calon konsumen dalam melakukan promosi produk. Depot air minum isi ulang Berkah Jaya selain dengan harga air minum isi ulang yang terjangkau, strategi dari segi tempat adalah produk tersebut diantarkan pada pelanggan yang telah melakukan pemesanan melalui telepon, sms ataupun yang datang secara langsung ke depot air minum isi ulang Berkah Jaya. Promosi yang ditawarkan oleh Depot air minum isi ulang Berkah Jaya dengan memberikan harga promo, penukaran kupon serta hadiah bagi konsumen yang telah memenuhi syarat. Hambatan dalam memasarkan produk depot air minum isi ulang Berkah Jaya yaitu, Produk yaitu sulitnya memperoleh alat-alat operasional apabila terjadi masalah sehingga dapat mengganggu proses produksi dan pemasaran. Pada promosi terdapat hambatan dalam sulitnya menarik konsumen yang sudah loyal terhadap suatu produk. Dari segi distribusi hambatan yang ditemui adalah ketika terjadi hujan deras akan mengakibatkan jalan licin yang dipenuhi lumpur di rute jalan tertentu dan kendaraan operasional mengalami kerusakan maka pendistribusian produk terlambat sampai pada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I. M.Si dan M. Yarham, M.H
Keywords: Strategi; Pemasaran; Depot air minum isi ulang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:55
Last Modified: 14 Nov 2023 03:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9717

Actions (login required)

View Item View Item