Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang

Ramita, Ramita (2023) Strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pasar Tradisional, tidak ada pengembangan dan renovasi banguna. Permasalahan yang terjadi karena pelayanan yang lambat terhadap keluhan yang disampaikan oleh pedagang kepada pengel-olah pasar yang mengakibatkan pasar tradisional tidak berkembang dan tidak bisa mewujudkan pasar tradisional yang nyaman, bersih, dan memberi pendapatan yang lebih baik bagi pedagang maupun kenyamanan bagi konsumen untuk berbelanja di pasar Sinunukan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang pada pasar tradisional disinunukan. Landasan teori penelitian ini adalah strategi pengembangan pasar yang berhubungan dengan ilmu ekonomi.teori-teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah strategi pengembangan pasar, pengertian pengmbangan pasar tradision-al, tujuan pengembangan pasar tradisional, strategi pengemabgan pasar tradisional , kepuasan pedagang, metode pengukuran kepuasan, dimensi kepuasan pelayanan dan jasa, metode pengukuran kepuasan dan pasar dalam ekonomi islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pedagang dan pengelolah pasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi , Teknik analisis data yang digunakan adalah SWOT, matriks IFAS dan matriks EFAS dan matriks analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis matriks SWOT, strategi yang digubakan adalah strategi, WO (Weaknesss of oppor-tunities), Demikian dengan kesimpulan : meningkatkan kebersian, keamanan, dan ketertibab, agar daya beli konsumen di pasar sinunukan semakin tinggi, Nebing-katkan pelayanan dan fasilitas pendukung dan meningkatkian sytem tata keloilah dengan adanya kemajuan teknologi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Strategi; Pengembang pasar tradisional; Kepuasan pedagang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:26
Last Modified: 14 Nov 2023 02:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9711

Actions (login required)

View Item View Item