Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan

Junaida, Junaida (2023) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi jumlah nasabah tabungan haji di PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan tidak memenuhi target pertahunnya. Faktor terjadinya jumlah nasabah tudak memenuhi target adalah melemahnya ekonomi masyarakat pada saat itu. Masyarakat yang menabung di PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan sebagian besar bekerja sebagai petani karet. Penghasilan dari karet pada saat itu tidak mencukupi untuk menabung di Bank, sehingga terjadi nasabah kesulitan dalam mengumpulkan uang tabungan haji. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah yang dilakukan PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan wawancara dengan customer service, staf PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan dan nasabah yang menabung di PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan PT. Bank Sumut KCP Syariah Panyabungan adalah bauran (marketing mix) yaitu dengan 7P (product, price, place, promotion, peopeple, process, physical avidance).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Produk tabungan haji; Strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:08
Last Modified: 13 Nov 2023 02:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9699

Actions (login required)

View Item View Item