Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri 200208 Kota Padangsidimpuan

Aprilia, Aprilia (2023) Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri 200208 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahmya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri 200208 Padangsidimpuan. Metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dimana proses pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga peserta didik hanya fokus menerima materi dari guru. Serta penerapan metode pembelajaran yang kurang menarik merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya upaya yang dilakukan yaitu penerapan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik lebih berminat dan bersemangat untuk melaksanakan pembelajaran sehingga aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri 200208 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV-B. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 200208 Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa butir soal tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan metode role playing dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dilihat dari hasil belajar peserta didik, prasiklus yaitu nilai rata-rata kelas 61,15 dengan persentase ketuntasan 31%, pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata kelas 68,07 dengan persentase ketuntasan 38%, pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas 69,61 dengan persentase ketuntasan 50%, sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata kelas 73,03 dengan persentase ketuntasan 69%, pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas 80,38 dengan persentase 85% karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan maka penelitian ini diberhentikan pada siklus II pertemuan ke-2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Metode role playing; Pembelajaran ilmu pengetahuan alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:04
Last Modified: 06 Nov 2023 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9624

Actions (login required)

View Item View Item