Tambunan, Cindy Nofisa (2023) Persepsi dan sikap pelaku UMKM terhadap produk bank syariah di Kelurahan Hutabalang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Masyarakat Kelurahan Hutabalang Khususnya pelaku UMKM mengatakan bahwa bank syariah dan bank konvensional sama saja dan kurangnya pengetahuan masyarakat kelurahan hutabalang sehingga banyak yang belum mengetahui mengenai produk bank syariah. Rumusan Masalah Bagaimana persepsi pelaku UMKM di kelurahan hutabalang terhadap produk bank syariah? Bagaimana sikap pelaku UMKM di kelurahan hutabalang terhadap produk bank syariah? tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM di kelurahan hutabalang dan sikap pelaku UMKM terhadap produk bank syariah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Perbankan Syariah, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pelaku UMKM Kelurahan Hutabalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mereduksi, editing, rekontruksi, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian menemukan bahwa persepsi pelaku UMKM di Kelurahan Hutabalang sangat beragam. Para pelaku UMKM pengguna produk bank syariah mempersepsikan produk bank syariah terhindar dari riba dan sesuai dengan prinsip syariah. Sementara pelaku UMKM yang tidak menggunakan produk bank syariah di Hutabalang mempersepsikan produk bank syariah sama saja dengan bank konvensional. Sikap dari pelaku UMKM di Kelurahan Hutabalang cukup baik dan tidak serta merta menolak tawaran produk bank syariah bahkan beberapa dari pelaku UMKM menyayangkan kurangnya promosi dan penawaran yang dilakukan bank syariah. Pelaku yang merasa membutuhkan bank syariah memberikan sikap yang baik seperti untuk menabung atau pembiayaan. Sementara yang merasa belum membutuhkan hanya memberikan sikap sekedarnya saja, meskipun mengetahui ada bank syariah namun tidak mencari lebih tahu produk bank syariah. Penggunaan bank konvensional sejak awal dirasa sudah lebih cukup untuk memenuhi transaksi yang dibutuhkan. Sikap ini juga bisa terjadi karena loyalitas dan pelayanan dari bank konvensional yang dirasa lebih baik dari bank syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M dan Idris Saleh, S.E.I., M.E |
Keywords: | Persepsi; Pelaku UMKM; Sikap; Bank syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 01:47 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 01:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9582 |
Actions (login required)
View Item |