Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan metode sosiodrama di Kelas IV SDN 100730 Rondaman Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Rukiyah Susanti (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan metode sosiodrama di Kelas IV SDN 100730 Rondaman Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Sekolah Dasar Negeri 100730 Rondaman Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75, sehingga hasil belajar harus ditingkatkan. Dalam hal ini peneliti menerapkan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelestarian kekayaan sumber daya alam di kelas IV SDN 100730 Rondaman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkerjasama dengan wali kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 100730 Rondaman Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara yang berjumlah 20 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah butir soal berupa pilihan berganda dan observasi. Teknik analisis data pada peneliian ini adalah menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPS di kelas IV SDN 100730 Rondaman. Kesimpulan ini diambil berdasarkan hasil belajar mulai dari pra siklus, siklus I hingga silkus II. Pada kondisi awal persentase ketuntasan siswa keseluruhan adalah 35% (hanya 7 siswa yang tuntas). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 45% (9 siswa yang tuntas). Kemudian pada siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa meningkat lagi menjadi 76% (12 siswa yang tuntas). Pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 81 % (16 siswa yang tuntas) dan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan siswa menjadi 87% (18 siswa yang tuntas).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran IPS; Metode sosiodrama
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Oct 2023 08:22
Last Modified: 31 Oct 2023 08:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9580

Actions (login required)

View Item View Item