Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran fikih di MTs N 1 Padangsidimpuan

Solehani, Solehani (2023) Pembelajaran fikih di MTs N 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100239.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran fikih pada kelas VII di MTsN 1 Padangsidimpuan memiliki beragaman lulusan dari berbagai sekolah, ada yang dari SD dan juga MI. Berdasarkan perbedaan latar belakang jenjang tersebut guru harus bisa memberikan pengajaran yang bervariasi. Kegiatan pembelajaran di MTsN akan berlangsung baik manakala guru memahami berbagai metode, media, hingga bagaimana menyampaikan materi tepat sasaran kepada peserta didik. Penggunaan metode, media, hingga evaluasi adalah komponen yang harus dilaksanakan agar mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengabsahan data dilakukan dengan proses triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Perencanaan pembelajaran pada kelas VII belum terlaksana dengan baik karena guru belum membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) (2)Pelaksanaan pembelajaran pada kelas VII belum menggunakan media pembelajaran seperti menggunakan infokus (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan cara pre-test dan post-tes setiap kali pertemuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Pembelajaran; Fikih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:27
Last Modified: 27 Oct 2023 02:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9562

Actions (login required)

View Item View Item