Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1107 Payabahung Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Nur Aisah (2023) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1107 Payabahung Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500150.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar karena belum mencapai Keriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) 70, pada pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial (IPS) siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 1107 Payabahung Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi Keriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) dalam pembelajaran yaitu 23 siswa, tuntas 11 siswa. Hal ini dikarenakan kurangnya variasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang menjadikan pembelajaran menjadi monoton dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1107 Payabahung Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkatkan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pre test sebelum menerapkan model Problem Based Learning hanya 11 orang yang tuntas dengan nilai rata-rata 58,97, yang memenuhi Keriteria Ketuntasan Maksimal (KKM), sedangkan yang tidak tuntas 23 orang. Pada siklus I pertemuan ke I siswa yang tuntas berjumlah 16 orang dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 64,41, dengan persentase ketuntasan 47,05%, siswa yang tidak tuntas berjumlah 18 orang. Siklus I pada pertemuan ke II jumlah siswa yang tuntas 22 orang, dengan nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 70,29, dengan persentase ketuntasan 64,70%, sedangkan yang tidak tuntas 12 orang. Pada siklus II pertemuan ke I nilai rata-rata siswa 77,05 dengan persentase 91,17% yang tuntas 31 orang, yang tidak tuntas 3 orang, sedangkan pada pertemuan ke II jumlah siswa yang tuntas 32 dengan nilai rata-rata 80,85 dengan pesentase 94,11%, sedang jumlah siswa yang tidak tuntas 2 orang. Selisih antara nilai rata-rata dari siklus I dengan siklus II yaitu 10,56. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran problem based learning; Hasil belajar; Pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:03
Last Modified: 20 Oct 2023 03:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9519

Actions (login required)

View Item View Item