Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh reputasi dan brand syariah bank terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. BSI Sipirok

Harahap, Syamsul Bahri (2023) Pengaruh reputasi dan brand syariah bank terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. BSI Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bank secara sederhana dapat diartikan sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dan menyalurkan dana serta memberikan jasa bank lainnya. Aktivitas keuangan yang sering dilakukan masyarakat yaitu penyimpanan dan penyaluran dana. Bank mempunyai dua peran dalam dua sisi yaitu, menghimpun dana secara langsung dari masyarakat yang kelebihan dana (surplus) kepada masyarakat yang kekurangan dana (defisit). Makna brand dalam kontek bukan hanya sekedar nama tetapi sudah berkembang lebih jauh. Terdapat tiga pikiran dalam dini nasabah untuk mebedakan brand yaitu melaui sifat fundamental yaitu melalui internalisasi kesan-kesan, posisi khusus dalam benak nasabah, serta manfaat emosional dan fugsional yang dirasakan. Pada akhirnya brand bukanlah apa yang dibuat oleh pabrik, tercetak dalam spanduk, atau diiklankan oleh pemasar. Brand adalah apa yang ada di dalam pikiran konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan pembahasan tentang teori reputasi, yang dimana pengertian reputasi, penyebab turunnya reputasi dan langkah-langkah dalam menjaga reputasi, brand yaitu brand syariah, dan keputusan menjadi nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear berganda. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan jumlah sampel 99 nasabah dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dilihat dari uji (R Square). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa reputasi berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di bank syariah. Sedangkan brand syariah tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di bank syariah. Dilihat dengan uji F reputasi dan brand syariah berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menabung di bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A. dan Ja’far Nasution, M.E.I.
Keywords: Budaya; Keputusan; Pribadi; Psikologi; Sosial
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Oct 2023 09:23
Last Modified: 18 Oct 2023 09:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9515

Actions (login required)

View Item View Item