Hasibuan, Yuni Masriani (2023) Strategi pemasaran produk pembiayaan amanah di Unit Pegadaian Syariah Kotapinang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100202.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam skripsi ini kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai Pegadaian terkhususnya pada produk Amanah (pembiayaan kendaraan bermotor), masyarakat masih banayak memprioritaskan membeli kendaraan bermotor melalui leasing konvensional padahal di pegadaian sudah ada pembiayaan kendaraan bermotor secara syariah dan jauh lebih murah daripada leasing konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan Amanah di Unit Pegadaian Syariah Kotapinang, apa yang menjadi daya tarik nasabah terhadap produk pembiayaan Amanah di Unit Pegadaian Syariah Kotapinang dan apa saja yang menjadi keunggulan Produk Pembiayaan Amanah di Unit Pegadaian Syariah Kotapinang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi pemasaran mengenai pendapat masyarakat atau nasabah yang mempengaruhi perkembangan jumlah data produk amanah. Teori ini dapat menjadi dasar atau acuan dalam melakukan penelitian ini. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah Bapak Subhan sebagai pimpinan cabang Pegadaian Syariah Kotapinang dan Bapak Reza Syahputra sebagai penaksir pegawai PT. Pegadaian Syariah Kotapinang. Strategi pemasaran produk amanah di Unit Pegadaian Syariah Kotapinang adalah dilakukan dengan strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, strategi promosi dengan cara membagi brosur, melakukan seminar, mengirim WhatsApp Blast, Voice Blast. Hal ini di buktikan dengan dilakukannya literasi ke unit-unit atau instansi lainnya serta membagikan brosur ke pasar-pasar. Aspek-aspek yang menjadi daya tarik nasabah di Unit Pegadaian Syariah Kotapinang adalah produk amanah yaitu pada leasing pasti mereka menyuruh untuk membeli motor dan mobil baru, dan mereka jarang untuk menyuruh nasabah dalam membeli motor atau mobil seken. Sedangkan di unit pegadaian syariah Kotapinang nasabah bisa memilih mau beli motor atau mobil yang baru atau seken, dengan syarat yang mudah, cicilan yang lebih murah dan terjangkau oleh nasabah. keunggulan produk Amanah di Unit Pegadaian Syariah Kotapinang adalah Layanan Amanah tersedia di outlet Pegadaian di Seluruh Indonesia, membayar cicilan nya murah dan mudah, uang muka terjangkau, angsuran tetap, jangka waktu pembiayaan mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Azwar Hamid, M.A dan H. Ali Hardana, M.Si |
Keywords: | Strategi; Pemasaran; Pembiayaan; Produk amanah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:01 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9461 |
Actions (login required)
View Item |