Pasaribu, Shinta Nauli (2023) Pengaruh persepsi, pengetahuan dan motivasi terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Bank syariah merupakan bank dengan prinsip bagi hasil yang merupakan landasan utama dalam segala operasinya, baik dalam pengerahan dananya maupun dalam penyaluran dananya, dalam perbankan syariah penyaluran dana biasa disebut dengan pembiayaan. Mayoritas pelaku UMKM yang ada di kota Rantauprapat merupakan mayoritas beragama Islam, Selain itu didukung dengan telah beroperasinya beberapa bank syariah di kota Rantauprapat, Namun minat rata-rata pelaku UMKM untuk melakukan pembiayaan masih kurang, hanya sebagian kecil pelaku usaha yang melakukan pembiayaan di bank syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh persepsi, pengetahuan, motivasi secara parsial dan simultan terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi, pengetahuan, motivasi secara parsial dan simultan terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah. Pembahasan penelitian berhubungan dengan ilmu perbankan syariah,yaitu menjelaskan penerimaan individu terhadap penggunaan jasa perbankan syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi, teori pengetahuan dan teori motivasi Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, sumber data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah pelaku UMKM yang ada di kota Rantauprapat, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Incidental sampling, dengan 84 responden. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial persepsi berpengaruh terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah, dan juga pengetahuan berpengaruh terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah. Sedangkan motivasi tidak berpengaruh terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah. Dan secara simultan (uji F) persepsi, pengetahuan, dan motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah sebesar 78,8 persen dan sisanya 21,2 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Zulaika Matondang, M.Si |
Keywords: | Minat; Persepsi; Pengetahuan; Motivasi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:04 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 04:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9453 |
Actions (login required)
View Item |