Ritonga, Rosti Ayani (2023) Penerapan model circuit learning pada pembelajaran PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 100101 Simatorkis Sisoma. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar PPKn masih rendah, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II tema 5 subtema I Pengalamanku di Rumah muatan pelajaran PPKn dengan materi Pancasila menggunakan model pembelajaran Circuit Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran Circuit Learning dikembangkan oleh Teller seorang konsultan pendidikan. Model pembelajaran circuit learning merupakan model pembelajaran yang memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola penambahan dan pengulangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model circuit learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 100101 Simatorkis Sisoma. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah penerapan model circuit learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 100101 Simatorkis Sisoma. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, yang mana pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas II SD Negeri 100101 Simatorkis Sisoma yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus dengan melakukan 4 kali pertemuan yang mana setiap tindakan siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan dan setiap siklus akan diberikan tugas ataupun tes untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan model pembelajaran circuit learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat pada siklus I sudah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai seluruh rata-rata pada prasiklus ke siklus I mencapai 51,4 menjadi 66,4. Selanjutnya hasil pada penelitian siklus II yaitu menunjukkan siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada siklus ini terdapat 17 siswa dengan hasil presentase 77% dan dengan rata-rata 81,36. Sedangkan siswa yang belum tuntas terdapat 5 siswa dengan hasil presentase 23%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran circuit learning dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa di SD Negeri 100101 Simatorkis Sisoma tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Model circuit learning; Pembelajaran tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 03:31 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 03:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9452 |
Actions (login required)
View Item |