Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode everyone is a teacher here di Kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 0602 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Salamatul Makrupa (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode everyone is a teacher here di Kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 0602 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 0602 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi ketuntasan minimal yaitu 75, sehingga hasil belajar perlu ditingkatkan. Penerapan metode pembelajaran yang kurang menarik merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu penerapan metode pembelajaran yang menyenagkan agar siswa lebih berminat dan termotivasi untuk belajar sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi organ peredaran darah manusia di kelas V-a Sekolah Dasar (SD) Negeri 0602 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada metode everyone is a teacher here. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang kerjasama dengan wali kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 0602 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 20 siswa. Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah butir soal berupa pilhan berganda dan observasi. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan metode everyone is a teacher here dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 30% dan nilai rata-rata kelas 70. Pada siklu I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 73,5 (9 siswa) dengan persentase 45%. Kemudian pada pertemuan II peningkatan nilai rata-rata menjadi 74,5 (12 siswa) dengan persentase 60%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa menjadi 77,50 (15 siswa) dengan persentase 75%. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 80 (16 siswa) dengan persentase 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; IPA; Metode everyone is a teacher here; Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:03
Last Modified: 10 Oct 2023 02:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9443

Actions (login required)

View Item View Item