Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh cashless society dan e-money terhadap perilaku konsumtif mahasiswa

Dharma, Windi Widiya (2023) Pengaruh cashless society dan e-money terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100293.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Cashless society adalah sebutan yang merujuk pada masyarakat yang dalam bertransaksi, tidak lagi menggunakan uang fisik, melainkan melalui perpindahan informasi finansial secara digital. Dalam bertransaksi sehari-hari, masyarakat tidak menggunakan uang nyata, melainkan uang digital, danya dompet digital seperti OVO, Gopay, Dana, Linkaja menjadikan manusia konsumtif dikarenakan mudahnya layanan transaksi melalui digital Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan Perilaku Konsumtif, Cashless Society dan E-money. perilaku konsumtif adalah suatu dorongan adalah dalam diri individu untuk melakukan konsumsi tiada batas, di mana lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Cashless society adalah sebutan yang merujuk pada masyarakat yang dalam bertransaksi, tidak lagi menggunakan uang fisik, melainkan melalui perpindahan informasi finansial secara digital. E-money adalah dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam satu media elektronik yang dimiliki seseorang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik insidental dengan jumlah sampel sebanyak 89. Pengumpulan data yang digunakan dengan teknik angket (kuesioner), Studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan pengujian Uji Linearitas, Uji Normalitas, Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Berganda data diolah dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitia ini menunjukkan bahwa ada terdapat pengaruh Cashlass Society terhadap Perilaku Konsumtif, terdapat pengaruh E-money terhadap Perilaku Konsumtif, dan terdapat pengaruh cahsless siciety dan e-money terhadap perilaku konsumtif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel cashless Society dan E-money secara simultan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Perilaku konsumtif; Cashless society; E-money
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:32
Last Modified: 09 Oct 2023 02:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9435

Actions (login required)

View Item View Item