Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembiayaan mikro dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah pada nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua

Ayu, Anre Ca (2023) Pengaruh pembiayaan mikro dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah pada nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai juru penyelamat perekonomian nasional, Usaha mikro kecil dan menengah yang belum terpenuhi disebabkan karena adanya ketidaksesuaian harapan seperti tidak terjadinya perkembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiayaan mikro dan strategi pemasaran berpengaruh secara persial dan simultan terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan dengan ilmu manajemen khususnya manajeman sumber daya manusia/ insani. Sehubungan dengan hal ini, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan nasabah, pembiayaan mikro dan strategi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Instumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi dengan jumlah 77 orang nasabah pembiyaan mikro PT. Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua. Adapun uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realiabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan Hasil Penelitian dan pengujian yang dilakukan menggunakan program SPSS versi 23 menunjukan pembiayaan mikro berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah pada nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua dan strategi pemasaran berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah pada nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua. Sedangkan uji F menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembiayaan mikro dan strategi pemsaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah pada nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Pembiayaan mikro; Strategi pemasaran dan perkembangan UMKM
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:30
Last Modified: 03 Oct 2023 04:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item