Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi pengadaan karyawan outsourcing pada PT. Bank Syariah Indonesia KFO Pandan

Sitompul, Romaito (2023) Faktor-faktor yang memengaruhi pengadaan karyawan outsourcing pada PT. Bank Syariah Indonesia KFO Pandan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

PT. Bank Syariah KFO Pandan merupakan perpanjangan tangan dari PT Bank Syraiah Indonesia Tbk cabang sibolga, ternyata lebih banyak menggunakan karyawan outsourcing daripada karyawan tetap. Dari jumlah karyawan yang ditugaskan di Bank Syariah Indonesia KFO Pandan ada 3 orang yang merupakan karyawan outsourcing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor Bank Syariah Indonesia KFO Pandan mempekerjakan karyawan outsourcing. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian antara lain membahas tentang Manajemen Sumber daya Manusia (MSDM) seperti pengertian MSDM, tujuan MSDM, dan fungsi MSDM. Penelitian ini juga membahas masa kerja, faktor-faktor masa kerja, pengertian outsourcing dan alasan penggunaan outsourcing, dan hubungan kerja dalam outsourcing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif menggunakan sumber data primer sebagai wawancara dan data sekunder seperti buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan judul ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi Bank Syariah KFO Pandan mempekerjakan karyawan outsourcing yang pertama, yaitu perusahaan dapat berkonsentrasi pada bisnis yang ditangani. Bisnis perusahaan merupakan salah satu keuntungan yang harus dicapai oleh perusahaan contohnya hubungan bisnis antara investor dan Bank. Kedua, yaitu target perusahaan akan terpenuhi dengan tepat waktu. Dengan karyawan yang sedikit tanpa bantuan karyawan outsourcing mungkin target perusahaan akan terpenuhi. Akan tetapi, dengan bantuan karyawan outsourcing pekerjaan yang harusnya selesai dalam 1 bulan bisa diminimalisirkan menjadi 20 hari sehingga Bank bisa merencanakan target untuk kedepannya lagi. Ketiga, yaitu mengurangi biaya rekrutmen, untuk merekrut karyawan perusahaan membutuhkan biaya yang cukup besar dalam merekrut karyawan baru. Akan tetapi, dengan adanya karyawan outsourcing, perusahaan bisa meminimkan biaya perekrutan. Sehingga karyawan outsourcing dapat membantu perusahaan untuk lebih berhemat. Keempat, yaitu karyawan bekerja sesuai dengan kontrak, setiap perusahaan akan mempertahankan karyawan yang mempunyai kemampuan yang lebih, berkompeten, serta bertanggungjawab dengan pekerjaanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: MSDM; Masa kerja; Karyawan outsourcing
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:29
Last Modified: 02 Oct 2023 08:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9368

Actions (login required)

View Item View Item