Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh E-WOM (Electronic Word Of Mouth) pada media sosial dan brand image terhadap keputusan masyarakat menabung di Bank Syariah Panyabungan

Lubis, Fatimah Sakdiah (2023) Pengaruh E-WOM (Electronic Word Of Mouth) pada media sosial dan brand image terhadap keputusan masyarakat menabung di Bank Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di lakukan di Panyabungan II, Banjar Sehat, fenomena yang terjadi di sebagian masyarakat secara umum memiliki keterbatasan pemahaman mengenai kegiatan operasional bank syariah sehingga menjadi kendala dalam pengembangan Bank Syariah di daerah tersebut, kemudian adanya kemajuan teknologi pergeseran paradigma pemasaran dari sosialisasi face to face menjadi electronic word of mouth yang sebagian masyarakat belum paham bagaimana sistem marketing dari E-WOM ini, kemudian umumnya masyarakat memberikan kesan yang baik terhadap Bank Syariah di Panyabungan namun dilihat dari data yang diperoleh dari Bank Sumut Syariah Panyabungan jumlah nasabah sangat minim terutama pada tabungan wadiah, mudharabah dan marhamah namun. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh E-WOM dan brand image terhadap keputusan masyarakat menabung di Bank Syariah Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-WOM dan brand image terhadap keputusan masyarakat menabung di Bank Syariah Panyabungan Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan keputusan menabung. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan E-WOM, dampak E-WOM, dimensi E-WOM, teori media sosial, fungsi media sosial, jenis-jenis media sosial, teori brand image, manfaat brand image, teori keputusan menabung, proses pengambilan keputusan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan menabung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sample ditentukan dengan probability sampling data dengan jumlah sampel 88 orang. Pengelolahan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji analisis regresi linier berganda, uji t (parsial) dan uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi R2. Dalam penelitian ini E-WOM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat menabung di Bank Syariah Panyabungan dengan nilai taraf signifikan 0,466 > 0,05 dan Brand Image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat menabung di Bank Syariah Panyabungan dengan nilai taraf signifikan 0,432 > 0,05. Sedangkan secara simultan E-WOM dan brand image berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menabung di Bank Syariah Panyabungan, yaitu dengan nilai Fhitung 110,306 > Ftabel 3,10, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM dan brand image berdistribusi sebesar 72,2% terhadap keputusan menabung, sedangkan 27, 8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Idris Saleh, S.E.I., M.E.
Keywords: E-WOM (Electronic Word Of Mouth); Brand image; Keputusan menabung
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:41
Last Modified: 25 Sep 2023 04:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9336

Actions (login required)

View Item View Item