Siregar, Rizky Desfari Khoirunnisa (2023) Penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar IPS subtema keberagaman budaya bangsaku siswa Kelas IV SD Negeri 56 Aek Batu Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 56 Aek Batu Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa proses pembelajaran hanya menggunakan buku sebagai bahan ajar sehingga menciptakan siswa jenuh dan bosan mendengarkan penjelasan guru. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Maka dari itu, sangat perlu diadakan perubahan pada proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun solusi dari peneliti adalah penggunaan media Scapbook yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian adalah apakah penggunaan media Scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar IPS subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV SD Negeri 56 Aek Batu Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Scrapbook. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang kerjasama dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 56 Aek Batu Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan berjumlah 22 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan sampai dua siklus yang masing-masing pertemuan terdiri dari perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, soal test pilihan ganda dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata dan nilai klasikal siswa yang terdapat pada kegiatan pra siklus hingga siklus II. Nilai rata-rata siswa pada kegiatan prasiklus sebanyak 57,5 kemudian pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 69,09. Setelah melakukan tindakan kembali pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 79,09 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,45. Nilai klasikal siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, pada kegiatan pra siklus diperoleh hanya 22,7% kemudian terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan 1 menjadi 45,5% meningkat lagi pada pertemuan 2 menjadi 77,3% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Media scrapbook; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 09:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 09:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9324 |
Actions (login required)
View Item |