Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran berbasis media audio visual untuk meningkatkan kemampuan gerak lokomotor pada siswa Kelas III SD Negeri 200508 Padangsidempuan Tenggara

Ramadhani, Suci (2023) Implementasi pembelajaran berbasis media audio visual untuk meningkatkan kemampuan gerak lokomotor pada siswa Kelas III SD Negeri 200508 Padangsidempuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan gerak lokomotorik siswa pada pembelajaran Pjok di kelas III Sekolah Dasar Negeri 200508 Padang Sidempuan Tenggara. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran khususnya media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media video pada pembelajaran PJOK di kelas III Sekolah Dasar Negeri 200508 Padang Sidempuan Tenggara?, dan apakah terdapat peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran Pjok dengan penerapan media video di kelas III Sekolah Dasar Negeri 200508 Padang Sidempuan Tenggara?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media video pada pembelajaran Pjok di kelas III Sekolah Dasar Negeri 200508 Padang Sidempuan Tenggara dan mengetahui ada atau tidaknya peningkatan gerak lokomotorik siswa pada pembelajaran Pjok dengan penerapan media video di kelas III Sekolah Dasar Negeri 200508 Padang Sidempuan Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran, membangkitkan minat atau ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan menjadikan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Pada siklus I pertemuan 1 nilai hasil tes atau nilai rata-rata kelas adalah 57,5 dengan persentase ketuntasan 20% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 65,5 dengan persentase ketuntasan 45% dan pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 74,5 dengan persentase ketuntasan 65% dan pada pada pertemuan 2 meningkat menjadi 82,5 dengan persentase ketuntasan 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Media video; Gerak lokomotorik; Pembelajaran PJOK
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:05
Last Modified: 22 Sep 2023 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item