Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh pemasaran kuliner dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Lopo Tobat Umak Rafsan Rumbio Parlupisan di Desa Rumbio Kabupaten Mandailing Natal

Hafipah, Yuli (2023) Analisis pengaruh pemasaran kuliner dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Lopo Tobat Umak Rafsan Rumbio Parlupisan di Desa Rumbio Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200205.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan konsumen yang belum terpenuhi disebabkan adanya ketidaksesuaian harapan seperti pelayanan yang lambat serta tempat duduk yang kurang. Namun, konsumen Lopo Tobat Umak Rafsan Rumbio Parlupisan tidak berkurang bahkan justru fluktuasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemasaran kuliner dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen Lopo Tobat Umak Rafsan Rumbio Parlupisan di Desa Rumbio Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran kuliner dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Lopo Tobat Umak Rafsan Rumbio Parlupisan di Desa Rumbio Kabupaten Mandailing Natal. Pembahasan dalam penelitian ini yaitu teori-teori yang berkaitan dengan kepuasan konsumen, pemasaran kuliner dan kualitas pelayanan. Kepuasan konsumen merupakan perasaan seseorang terhadap kinerja dari suatu produk yang dirasakan dan diharapkannya. Pemasaran merupakan suatu proses dimana seseorang atau sekelompok masyarakat melakukan pertukaran, menciptakan, baik itu barang atau jasa dengan melakukan transfer nilai (pertukaran) antara mereka dengan pelanggannya. Kualitas diartikan sebagai keseluruhan fitur dan karakteristik dari produk atau jasa yang mampu memuaskan atau memenuhi kebutuhan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan membagikan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden sedangkan teknik peengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statisktik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan program SPSS versi 23 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemasaran kuliner terhadap kepuasan konsumen Lopo Tobat Umak Rafsan Rumbio Parlupisan di Desa Rumbio Kabupaten Mandailing Natal, dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Lopo Tobat Umak Rafsan Rumbio Parlupisan di Desa Rumbio Kabupaten Mandailing Natal. Terdapat pengaruh pemasaran kuliner dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Lopo Tobat Umak Rafsan Rumbio Parlupisan di Desa Rumbio Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Kepuasan konsumen; Kualitas pelayanan; Pemasaran kuliner
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:26
Last Modified: 21 Sep 2023 04:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9311

Actions (login required)

View Item View Item