Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan lokasi terhadap minat menabung di bank syariah dengan kepercayaan sebagai variabel intervening (studi kasus pada masyarakat Kelurahan Hutabalang Kabupaten Tapanuli Tengah)

Samosir, Yulio Ashary (2023) Pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan lokasi terhadap minat menabung di bank syariah dengan kepercayaan sebagai variabel intervening (studi kasus pada masyarakat Kelurahan Hutabalang Kabupaten Tapanuli Tengah). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100245.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu faktor mendasar yang dapat mengembangkan perbankan syariah dikalangan masyarakat Kelurahan Hutabalang adalah Minat. Masalah yang terjadi pada Kelurahan Hutabalang adalah masyarakat mayoritas beragama Islam, namun minat serta penggunaan jasa bank syariah masih sedikit. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara religiusitas, pengetahuan dan lokasi terhadap kepercayaan? Apakah terdapat pengaruh antara religiusitas, pengetahuan dan lokasi terhadap minat menabung dengan kepercayaan sebagai variabel intervening? Pеnеlitiаn ini bеrtujuаn untuk menganalisis pengaruh аntаrа religiusitas, pengetahuan dаn lokasi tеrhаdаp minat menabung secara lаngsung dаn tidаk lаngsung melalui kepercayaan sebagai variabel intervening. Religiusitas merupakan bentuk aspek religi yang telah dihayati oleh individu di dalam hati. Pengetahuan adalah semua informasi yang dimiliki oleh konsumen mengenai produk dan jasa yang dapat memengaruhi dalam memutuskan pembelian. Lokasi adalah tempat di mana perusahaan harus bermarkas melakukan operasi. Kepercayaan merupakan suatu hal yang penting bagi sebuah komitmen atau janji, komitmen hanya dapat direalisasikan jika suatu saat berarti. Minat menabung menurut Kotler menyatakan Minat menabung adalah tindakan dari nasabah untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini masyarakat Kelurahan Hutabalang yang berjumlah sebanyak 12.216 jiwa dengan sampel sebanyak 105 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2.9 dengan uji measurement model (outer model), structural model (inner model) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, pengetahuan, lokasi berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat Kelurahan Hutabalang, religiusitas dan lokasi berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat Kelurahan Hutabalang, sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat Kelurahan Hutabalang. Kepercayaan mampu memediasi pengaruh religiusitas, pengetahuan dan lokasi terhadap minat menabung Masyarakat Kelurahan Hutabalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si.
Keywords: Bank syariah; Kepercayaan; Minat menabung; Pengetahuan; Religiusitas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:37
Last Modified: 21 Sep 2023 01:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9299

Actions (login required)

View Item View Item