Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap pemecahan masalah matematika siswa pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 4 Panyabungan

Nurhamidah, Nurhamidah (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap pemecahan masalah matematika siswa pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 4 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memecahkan soalsoal Matematika yang bersifat abstrak seperti Materi Balok yang diberikan oleh guru. Guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konversional sehingga siswa sangat pasif selama pembelajaran berlangsung dan siswa tidak memiliki konsep dasar Materi Balok yang memadai serta pemahaman yang kurang sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa masih tergolong rendah. Alternatif yang dilakukan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap pemecahan masalah Matematika siswa Materi Balok di kelas VIII SMP Negeri 4 Panyabungan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan jenis nonrandomized control group pre test post test design, prosedur desain ini sama dengan prosedur randomized control group pre test post test design, kecuali subjek ditempatkan secara tidak random. Berarti penelitian ini dilakukan terhadap kelas yang sudah tersedia ataun tidak mungkin penempatan subjek dilakukan secara random. Bila dilakukan secara random mungkin dapat mengganggu sistem atau kondisi yang ada Berdasarkan perhitungan uji kesamaan rata-rata data awal Pre-Tes diperoleh: to = 0,29; df = (15 + 20 -2) = 33 dengan taraf signifikansi 5%, ttabel atau tt = 2,04 dan pada taraf signifikansi 1% ttabel atau tt = 2,75, maka to< tt, baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%. Sehingga dapat disimpulkan Ho diterima sedangkan Ha ditolak artinya Ho: tidak Ada perbedaan tes pemecahan masalah Matematika Materi Balok di antara kelas eksperimen (VIII1) dan kelas kontrol (VIII2), yang signifikan. Hal ini berarti kedua kelas pada penelitian ini berangkat dari situasi awal yang sama (homongen); dan berdasarkan perhitungan uji hipotesis Post-Test diperoleh to = 9,88; sedangkan tt 5 % = 2,04 dan tt 1% = 2,75, maka to > tt, baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%. Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak sedangkan Ha diterima yang berbunyi Ha: Ada pengaruh positif yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap pemecahan masalah Matematika siswa Materi Balok siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kooperatif tipe group investigation (GI); pemecahan masalah; materi balok
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2020 02:56
Last Modified: 24 Apr 2020 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item