Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis komparatif tingkat pengetahuan masyarakat dan promosi terhadap produk perbankan syariah dan konvensional (studi kasus Gang Dame Wek VI Lingkungan II Kota Padangsidimpuan)

Nasution, Rina Eviana (2023) Analisis komparatif tingkat pengetahuan masyarakat dan promosi terhadap produk perbankan syariah dan konvensional (studi kasus Gang Dame Wek VI Lingkungan II Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat Gang Dame Wek VI Lingkungan II tentang produk jasa bank syariah dibandingkan produk bank konvensional. Dikarenakan kurangnya promosi dari pihak bank syariah kepada masyarakat Kelurahan Gang Dame Wek VI Lingkungan II sehingga tidak begitu masyarakat paham dan menggunakan produk bank syariah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan masyarakat Kelurahan Gang Dame Wek VI Lingkungan II terhadap produk perbankan syariah dan produk bank konvensional? Selanjutnya permasalahan kedua bagaimana promosi produk di bank syariah dan bank konvensional? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan masyarakat Kelurahan Gang Dame Wek VI Lingkungan II terhadap produk bank syariah dan produk bank konvensional serta mengetahui promosi produk di bank syariah dan bank konvensional. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori: Tingkat pengetahuan, promosi, masyarakat, Bank syariah, fungsi bank syariah, tujuan bank syariah, produk bank syariah, produk bank konvensional, perbandingan bank syariah dan konvensional. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada Masyarkat Gang Dame Wek VI Lingkungan II. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validita, uji reliabelitas, uji normalitas, uji homogenitas,uji independent sampel T-Test, yang dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 23. Analisis data menggunakan menggunakan SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel pengetahuan produk bank syariah, pengetahuan produk konvensional, promosi produk bank syariah, promosi produk konvensional terdapat perbedaan yang signifikan jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji independent sampel T-Test terdapat perbedaan pengetahuan produk bank syariah dan konvensional dan promosi produk bank syariah dan konvensionasl.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A. dan H. Ali Hardana, M.Si.
Keywords: Pengetahuan; Promosi; Produk bank syariah; Produk konvensional
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:08
Last Modified: 12 Sep 2023 08:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9237

Actions (login required)

View Item View Item