Siregar, Putri Khalijah Tricahyanti (2023) Pengaruh label halal, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200373.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah mengenai pengaruh label halal, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Keputusan untuk membeli dan menggunakan kosmetik memberikan alasan-alasan tertentu bagi mahasiswi, diantaranya berdasarkan kualitas yaitu tidak menimbulkan efek yang buruk bagi kulit sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan. Selain kualitas, citra merek, labelisasi halal juga menjadi alasan mahasiswi untuk memutuskan membeli suatu produk. Label halal adalah pencantuman pernyataan halal pada kemasan suatu produk yang menunjukkan berstatus sebagai produk halal. Kualitas produk merupakan suatu produk yang memiliki nilai jual dan daya saing yang tinggi. Citra merek merupakan keyakinan, dan kesan setiap individu terhadap merek suatu produk. Keputusan pembelian merupakan keputusan setiap individu untuk membeli suatu produk dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas yaitu label halal, kualitas produk, dan citra merek terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian produk kosmetik. Dan juga untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh label halal, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2018 berjumlah 241 orang dan jumlah sampel yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin berjumlah 71 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Sebelum angket disebarkan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, dan reliabilitas. Prosedur pengujian hipotesis diawali dengan uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, uji-t, uji-F, uji koefisien determinasi R2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh label halal memberi nilai positif dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2018 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary. Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2018 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary. Citra Merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2018 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary. Label halal dan citra merek berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian kosmetik pada Mahasiswi pada Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2018 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A. dan M. Fauzan, M.E.I. |
Keywords: | Label halal; Kualitas produk; Citra merek; Keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 02:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 02:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9226 |
Actions (login required)
View Item |