Sihombing, Ainun Padilah (2023) Loyalitas nasabah BSI sebelum dan sesudah merger di Gunung Tua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740100264.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Sejak 1 Februari 2021, PT Bank Syariah mandiri, PT Bank BRI Syariah dan PT Bank BNI Syariah telah melebur menjadi PT Bank syariah Indonesia (BSI). Oleh karena itu, nasabah yang sebelumnya memiliki rekening BRI Syariah, BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri harus melakukan migrasi. Migrasi ini dilakukan merupakan penyatuan sistem dari yang sebelumnya sistem 3 legacy jadi sistem BSI. Tetapi dengan adanya migrasi ini beberapa keluhan migrasi terjadi karena downgrade fitur rekening yang dirasakan oleh beberapa nasabah, banyak kendala yang terjadi sesudah adanya migrasi ini misalnya sering terjadi transaksi gagal dan server BSI sering adanya gangguan sehingga mempersulit nasabah melakukan transaksi dengan cepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri sebelum dan sesudah menjadi BSI di Gunung Tua?”. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Loyalitas Nasabah BSI Sebelum dan Sesudah Merger. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Loyalitas, Nasabah, Bank Syariah Mandiri dan Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Subjek pada penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia. Sumber data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis deskriptif dibuat sebuah kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nasabah tetap loyal terhadap BSM meskipun sudah merger menjadi BSI, dari hasil wawancara yang didapatkan peneliti menunjukkan persepsi yang cukup positif, nasabah yakin dengan adanya merger ini Bank Syariah akan lebih maju dan Bank Syariah juga akan semakin besar sesuai dengan yang tertera di dalam visi misi Bank Syariah Indonesia saat ini dan nasabah juga senantiasa ingin melakukan transaksi ulang dimasa yang akan datang, merekomendasikan BSI kepada pihak lain, nasabah juga tidak terpengaruh dengan adanya tawaran yang lebih menarik dari Bank lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Loyalitas; Nasabah; Bank syariah; Merger |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:17 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9197 |
Actions (login required)
View Item |