Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk tabungan iB hijrah rencana pada PT Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan

Sihombing, Murni Savitri (2023) Strategi pemasaran produk tabungan iB hijrah rencana pada PT Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tabungan iB Hijrah Rencana pada PT Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan pada 6 tahun terakhir mengalami fluktuasi dan cenderung menurun dalam 4 tahun terakhir. Pada tahun 2016 jumlah nasabah sebanyak 104 orang, pada tahun 2017 jumlah nasabah sebanyak 113, pada tahun 2018 jumlah nasabah sebanyak 109 orang, pada tahun 2019 jumlah nasabah sebanyak 99 orang, dan pada tahun 2020 jumlah nasabah sebanyak 80 orang kemudian turun menjadi 78 orang pada tahun 2021.Masalah penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab menurunnya jumlah nasabah Produk Tabungan iB Hijrah Rencana di PT Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan dan strategi pemasaran Produk Tabungan iB Hijrah Rencana di PT Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab menurunnya jumlah nasabah Produk Tabungan iB Hijrah Rencana di PT Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Untuk mengetahui strategi pemasaran Produk Tabungan iB Hijrah Rencana di PT Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi, pemasaran, marketing mix, pemasaran syariah, produk, tabungan iB hijrah rencana. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panyabungan dalam memasarkan produk-produknya yaitu dengan menerapkan penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar, disversifikasi, segmentasi pasar, menentukan pasar sasaran, dan menentukan posisi pasar, juga melalui strategi dengan menerapkan bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Pihak PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panyabungan mempromosikannya dengan melalui periklanan, penjualan, penjualan pribadi, publisitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Strategi; Pemasaran; Produk; Tabungan; iB hijrah rencana
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:38
Last Modified: 05 Sep 2023 08:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item View Item