Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh karakteristik pemasaran syariah dan pengetahuan terhadap preferensi menabung pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua

Harahap, Nurlaini (2022) Pengaruh karakteristik pemasaran syariah dan pengetahuan terhadap preferensi menabung pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100260.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Semakin berkembangnya persaingan bisnis, maka semakin sulit bagi suatu perusahaan untuk mempertahankan kesetiaan nasabah agar tidak berpindah ke perusahaan lain, hal ini dapat dilihat pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua belum mampu mempertahankan nasabahnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh karakteristik pemasaran syariah dan pengetahuan secara parsial dan simultan terhadap preferensi menabung pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik pemasaran syariah dan pengetahuan terhadap preferensi menabung pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan preferensi menabung.Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi menabung merupakan dorongan dari dalam diri individu, motif sosial, dan faktor emosional.Karakteristik pemasaran syariah merupakan upaya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta memasarkan produk dan jasa kepada nasabah berdasarkan prinsip-prinsip Islam.Pengetahuan merupakan segala sesuatu yang diketahui nasabah tentang perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F dengan menggunakan SPPS versi 25), serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh karakteristik pemasaran syariah terhadap preferensi menabung pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua, terdapat pengaruh pengetahuan terhadap preferensi menabung pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua dan terdapat pengaruh karakteristik pemasaran syariah dan pengetahuan secara simultan terhadap preferensi menabung pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini relevan bagi PT Bank Syariah Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua agar memperhatikankarakteristik pemasaran syariah dalam meningkatkan preferensi menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Karakteristik pemasaran syariah; Pengetahuan; Preferensi menabung
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:42
Last Modified: 05 Sep 2023 01:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9167

Actions (login required)

View Item View Item