Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi ekspansi daya saing UMKM Batik Batangtoru melalui marketing online

Sitompul, Vivi Enjelina (2023) Strategi ekspansi daya saing UMKM Batik Batangtoru melalui marketing online. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Di kecamatan Batangtoru Tapanuli Selatan juga memiliki outlet batik yang mempunyai ciri khas khusus yang menggambarkan keanekaragaman budaya Tapanuli Selatan. Maka untuk menghadapi persaingan tersebut perusahaan harus membuat strategi pengembangan bisnis untuk mengembangkan usahanya. Strategi ekpansi bisnis dapat dilakukan melalui analisis SWOT. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi ekspansi yang dilakukan UMKM Batik Batangtoru melalui marketing online dan kendala UMKM Batik Batangtoru melalui marketing online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi ekspansi yang dilakukan Batik Batangtoru dan kendala UMKM Batik Batangtoru melalui marketing online. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi ekspansi bertujuan untuk menganalisis strategi ekspansi pada UMKM Batik Batangtoru melalui mencari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan yang disebut dengan Medote analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, Wawancara dengan subjek penelitian, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi UMKM Batik Batangtoru menggunakan analisis SWOT dengan strategi SO Mempertahankan kualitas produk, Mengimplementasikan program pembinaan dan pengembangan dari pemerintah untuk mengembangkan usaha, Batik sebagai pakaian nasional sehingga meningkatkan penjualan batik. Strategi WO Mengadakan pelatihan terhadap tenaga kerja, Memanfaatkan informasi internet sebagai salah satu alat promosi, Efisiensi biaya untuk meningkatkan produksi. Strategi ST Ciri khas batik yang mengarah kebudayaan Tapanuli Selatan, Bisa menyesuaikan dengan modernisasi dan perpaduan warna yang esklusif, Batik Batangtoru memiliki arti disetiap motif nya. Strategi WT Pemerintah sebaiknya memberikan modal kepada para usaha agar memproduksi secara maksimal, Meningkatkan kreatifitas dan inovasi pada produk kain batik agar diminati pelanggan, Membuat strategi dalam mempromosikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupuluh, M.M. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Analisis; Strategi ekspansi; SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:49
Last Modified: 11 Aug 2023 09:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9085

Actions (login required)

View Item View Item