Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan milenial muslim Kota Padangsidimpuan menggunakan digital banking

Purnama, Sehat (2023) Determinan keputusan milenial muslim Kota Padangsidimpuan menggunakan digital banking. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Digital Banking merupakan pelayanan perbankan melalui media digital atau sarana elektronik untuk melakukan transaksi financial, juga serta informasi transaksi perbankan kepada nasabah pengguna Digital Banking. Penelitian ini di latar belakangi masih rendahnya tingkat penggunaan Digital Banking dikalangan generasi milenial muslim dalam melakukan transaksi. Berdasarkan Observasi yang dilakukan penelitian kepada Generasi Milenial muslim pengguna Digital Banking di kota padangsidimpuan terdapat 87% pengguna dan 13% tidak pengguna, dan didominasi pengguna jenis ATM dan Mobile banking. Pembahasan dalam penelitian ini menerapkan beberapa teori dalam rumusan masalah dan tujuan masalah pengaruh secara parsial dan secara simultan faktor variabel persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi kepercayaan terhadap keputusan milenial muslim menggunakan Digital Banking. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan sumber data Primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket dengan jumlah sampel 100 orang. Pengelolahan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji koefisien diterminasi (R2), uji analisis regresi linear berganda, uji t (Parsial), Uji F ( Simultan). Untuk mempermudah proses analisis data penelitian ini maka dibantu dengan program SPSS 22. Hasil penelitian secara parsial (uji t) Variabel Persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan milenial muslim menggunakan Digital Banking dan Variabel Persepsi Manfaat berpengaruh terhadap Keputusan milenial muslim menggunakan Digital Banking. Sedangkan variabel persepsi kepercayaan tidak terdapat pengaruh terhadap Keputusan milenial muslim menggunakan Digital Banking. Dan sedangkan secara simultan (uji F), Persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan milenial muslim menggunakan Digital Banking, dengan tingkat pengaruhnya dapat dilihat dari uji Hipotesis, dimana R square variabel sebesar 72,0 % dipengaruhi oleh variabel ini dan 28,0 % dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan di dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E., M.A. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I.
Keywords: Persepsi kemudahan; Persepsi manfaat; Persepsi kepercayaan; Keputusan milenial muslim
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:11
Last Modified: 03 Aug 2023 02:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9055

Actions (login required)

View Item View Item