Hasifah, Nur (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar pendidikan agama islam pada siswa di SMA Negeri 1 Panyabungan Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00153.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengamatan di SMA Negeri 1 Panyabungan Timur pada saat pembelajaran terlihat bahwa kurangnya perhatian, kesungguhan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan beberapa faktor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar pendidikan agama Islam pada siswa dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri 1 Panyabungan Timur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri 1 Panyabungan Timur, untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri 1 Panyabungan Timur. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan Islam, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengertian minat belajar, karakter orang berminat, faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar PAI, pengertian pendidikan agama Islam, tujuan pendidikan agama Islam, ruanglingkup pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk deskriptif, Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan wawancara dan observasi, wawancara dilakukan dengan mengadakan tanya jawab langsung kepada subjek, sedangkan observasi dilakukan dengan pengataman langsung terhadap objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SMA Negeri 1 Panyabungan Timur perlu disikapi dimana saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa tidak fokus pada materi yang diajarkan, siswa masih jauh dari kesungguhan dan keaktifan dalam mendalami materi Pendidikan Agama Islam seperti tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), kurang bertanya, kurang respon pada saat pembelajaran, disebabkan faktor dari dalam diri seseorang seperti faktor kondisi atau kesehatan jasmani, faktor adanya kebutuhan rohani atau perasaan senang dalam hati serta ingin selamat dan bahagia dunia dan akhirat, faktor adanya keinginan untuk mendapat pujian dari orangtua, guru, masyarakat dan teman-teman, faktor adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan yang telah lalu dengan usaha yang baru dan faktor ingin menjadi juara kelas dan lulus ujian sedangkan penyebab dari luar individu itu sendiri adalah faktor adanya hadiah, faktor alat yang dipakai dalam belajar, faktor adanya hukuman, faktor metode pembelajaran dan faktor masyarakat atau lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Asfiati, M.Pd dan Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Minat Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 06:43 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 04:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/905 |
Actions (login required)
View Item |