Dalimunthe, Wahyuni (2023) Dampak game online terhadap perilaku remaja di Desa Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1630100016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yaitu terdapat beberapa remaja yang menyalahgunakan game online diantaranya melakukan jual beli chips higgs domino hingga bolos sekolah demi bermain game, hal ini sering terlihat di kedai kopi dimana tempat para remaja berkumpul dan melakukan jual beli chips. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan dan apa solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu perilaku remaja dan game online dimana peneliti dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi fenomena di Desa Huraba yang menyebabkan remaja di Desa terbut mengalami kecanduan game online. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan perilaku remaja dan aktivitas bermain game online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 15 informan. Instrumen pengumpulan data menggunakan dengan melakukan wawancara langsung terhadap orang tua remaja Desa Huraba. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, conclution dan verification dan trianguluasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 15 orang remaja di Huraba bermain game online dengan jenis slot atau game higgs domino dan berjenis Moba (Mobile Legend), dimana terdapat 9 orang remaja bermian slot (higgs domino) dan 6 orang remaja bermain game Moba (Mobile Legend). Perilaku remaja di Desa Huraba jarang berinteraksi dan menjalin hubungan positif dengan orang lain dan dapat juga menghambat perkembangan emosional. Dampak yang ditimbulkan dari kecanduan bermain game online ini cukup beragam diantaranya membangkang kepada orang tua, dan duduk mulai pagi hingga larut malam, begadang hingga larut malam, lupa untuk melakukan ibadah, tidak membantu orang tua, tidak belajar serta sosialisasi dengan teman yang tidak kecanduan menjadi menurun. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan kegiatan membuat keripik dengan NNB Desa Huraba yang dapat mereka jual untuk memperoleh penghasilan dan tambahan uang sekolah. Begitu juga mereka mengadakan mengajar mengaji bersama pihak NNB agar anak-anak di Desa Huraba tidak sering bermain game online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sholeh Fikri, M.Ag. dan Ali Amran, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Game online; Perilaku; Remaja; Huraba |
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190202 Computer Gaming and Animation 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 02:50 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9028 |
Actions (login required)
View Item |