Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Preferensi nasabah non muslim terhadap bank syariah di Kota Padangsidimpuan

Harahap, Ahmad Khoiri (2023) Preferensi nasabah non muslim terhadap bank syariah di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100260.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Seiring dengan perkembangan zaman bank syariah mempunyai banyak keunggulan karena tidak hanya berdasarkan pada syariah saja sehingga transaksi dan aktivitasnya menjadi halal, tetapi sifatnya terbuka dan tidak mengkhususkan diri bagi nasabah muslim saja, tetapi juga bagi non muslim. Berdasarkan hasil observasi peneliti kepada beberapa nasabah non muslim berpendapat keuntungan margin dan bagi hasil di bank syariah lebih besar dibanding dengan di bank konvensional Maka yang menjadi pertanyaan, mengapa nasabah non muslim memilih menabung dan melakukan pembiayaan di bank syariah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana preferensi nasabah non muslim terhadap Bank Syariah di Kota Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori preferensi, yaitu sebagai pilihan suka atau tidak suka oleh seseorang terhadap suatu produk, barang atau jasa yang dikonsumsi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di kota Padangsidimpuan. Adapun sifat dari penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada dua faktor yang mendorong nasabah non-muslim cenderung memilih bertransaksi di Bank Syariah yaitu, faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya yaitu faktor lembaga perusahaan atau bank yang terdiri dari pelayanan karyawannya yang baik dan ramah, kelengkapan fasilitas yang disediakan bank dan kenyamanan nasabah karena antrian yang tidak banyak seperti bank lain. Dan faktor internalnya yaitu faktor kebutuhan konsumen atau nasabah yang terdiri dari keuntungan yang didapatkan, baik keuntungan bagi hasil untuk nasabah penabung maupun keuntungan margin pembiayaan yang relatif kecil serta angsuran yang tetap untuk nasabah pembiayaan, serta karena adanya kebutuhan, baik kebutuhan pribadi maupun kebutuhan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Bank syariah; Nasabah non muslim; Preferensi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:28
Last Modified: 27 Jul 2023 07:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item