Afrisal, Afrisal (2023) Strategi pemasaran produk tabungan al-wadiah di PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mentari Pasaman Saiyo Pasaman Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740100208.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penurunan jumlah nasabah produk tabungan al-wadiah pada PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo dari tahun 2016 sampai tahun 2020 disebabkan karena pengaplikasian strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix belum optimal, maka diperlukan suatu strategi pemasaran yang terarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk tabungan Al-Wadiah pada PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo Pasaman Barat khususnya pada produk tabungan al-wadiah. Landasan teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang memungkinkan perusahaan dalam mamanfaatkan sumber daya yang dimiliki dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan di PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber Data Primer adalah sumber pertama dimana sebuah data diahasilkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah pemeriksaan data, klasifikasi, verifikasi dan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah ketentuan pengamatan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix 7P belum optimal dilakukan. Dimana strategi promosi yang dilakukan dengan membagikan brosur dan memasang spanduk belum secara merata dilakukan serta belum menggunakan media massa seperti watshaap, facebook, telivisi dan radio. Kemidian stategi bukti fisik (physical evidence) yaitu belum tersedianya mesin ATM. Dari segi produk, nasabah lebih tertarik dengan produk yang menggunakan bagi hasil dibandingkan dengan bonus. Strategi place (tempat), sangat strategis karena letaknya yang berada dipusat kota dan dekat dengan pasar serta dekat dengan perkantoran. Strategi harga sudah sesuai dengan kebutuhan nasabah. Strategi people (orang), dalam melayani nasabah, karyawan bank bersikap sopan, ramah dan memberikan smile service. Strategi proses yaitu dalam setiap transaksi yang dilakukan sudah memberikan kenyamanan, tetapi disaat nasabah terlalu banyak maka disitulah pelayanan karyawan terlalu lama terhadap nasabah. Jadi, disini pihak bank seharusnya menambah karyawan untuk mengatasi masalah tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Azwar Hamid, M.A. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Pemasaran; Strategi pemasaran; Produk tabungan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 05:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 05:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8992 |
Actions (login required)
View Item |