Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Al-Qur’an Ulfah Padangsidimpuan

Batubara, Paridah Hannum (2023) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Al-Qur’an Ulfah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan membaca Alquran pada anak usia dini dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran pada anak usia dini di TK Al-Qur’an Ulfah Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk kesulitan pembelajaran membaca Alquran pada anak usia dini di TK Al-Qur’an Ulfah Padangsidimpuan dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran Alquran pada anak usia dini di TK Al-Qur’an Ulfah Padangsidimpuan. Metodologi yang digunakan penelitian adalah quasi kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Teknik pengelolaan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sementara teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran membaca Alquran ialah : Pertama, kesulitan dalam pengucapan huruf hijaiyah yang memiliki kemiripan bunyi. Kedua, kesulitan melafalkan kata. Ketiga, kesulitan dalam mengenal tanda panjang dan pendek (harokat). Keempat, kesulitan dalam membaca mad (panjang) dan qasr (pendek). Sedangkan upaya guru dalam mengatasi kesulitan tersebut yaitu : Pertama, membimbing siswa memperbanyak latihan membaca huruf yang memiliki kemiripan bunyi. Kedua, memberikan jam belajar tambahan. Ketiga, membimbing siswa mengulang-ulang huruf hijaiyah sesuai dengan kaedah pengucapan makharijul huruf. Keempat, mengondisikan peserta didik agar lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A. dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd.
Keywords: Upaya guru; Kesulitan membaca Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:16
Last Modified: 20 Jul 2023 02:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8960

Actions (login required)

View Item View Item