Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan kemampuan dasar matematika pada mahasiswa Tadris/Pendidikan Matematika ditinjau dari asal sekolah tahun akademik 2020 di IAIN Padangsidimpuan

Moudia, Elta (2022) Perbedaan kemampuan dasar matematika pada mahasiswa Tadris/Pendidikan Matematika ditinjau dari asal sekolah tahun akademik 2020 di IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah adanya asumsi mahasiswa yang menyatakan bahwa kemampuan dasar matematika mahasiswa tadris matematika alumni SMA, SMK, MA lebih baik daripada alumni pondok pesantren, karena mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren lebih banyak mempelajari pelajaran agama daripada matematika, sedangkan mahasiswa yang berasal dari SMA, SMK, MA yang banyak mempelajari pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari jam pelajaran matematika SMA, SMK, dan MA 4X45 menit perminggu, sedangkan jam pelajaran matematika untuk pondok pesantren 2x45 menit dalam perminggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dasar matematika mahasiswa tadris matematika ditinjau dari asal sekolah di IAIN Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan dasar matematika mahasiswa tadris matematika tahun akademik 2020 di IAIN Padangdimpuan. Penelitian yang dilaksankan adalah dengan menggunakan metode gabungan (mixed method). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tadris matematika di TMM-2 tahun akademik 2020 di IAIN Padangsidimpuan terdiri dari 15 mahasiswa lulusan SMA, 3 mahasiswa lulusan SMK, 11 mahasiswa lulusan MAN, dan 2 mahasiswa lulusan Pondok Pesantren. Maka untuk mengetahui hasil atau kebenaran permasalahan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen data dilakukan dengan rumus uji tes “t”. Dari perhitungan yang telah diperoleh pada taraf signifikan 5% atau taraf signifikan 1% bahwa hipotesis dalam penelitian ini: tidak ada perbedaan kemampuan dasar matematika mahasiswa tadris/ pendidikan matematika yang signifikan ditinjau dari asal sekolah di IAIN Padangsidimpuan SMA dan SMK sebesar -0,51 sedangkan 1,67155 dan 2,39238. SMA dan MA sebesar 0,3891 sedangkan 1,66421 dan 2,37387. SMA dan Pondok Pesantren sebesar 1,2520 sedangkan 1,67591 dan 2,40327. MA dan Pondok Pesantren sebesar 0,9828 sedangkan 1,69092 dan 2,44115 Maka adalah lebih kecil daripada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Kemampuan dasar matematika; Asal sekolah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:35
Last Modified: 18 Jul 2023 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8947

Actions (login required)

View Item View Item