Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pedagang menggunakan produk bank syariah (studi kasus Pedagang Sangkumpal Bonang)

Sukma, Rachel Fajriani Khoirunisa Heryanthi (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pedagang menggunakan produk bank syariah (studi kasus Pedagang Sangkumpal Bonang). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pedagang Sangkumpal Bonang belum sepenuhnya menggunakan produk Bank Syariah dalam segi transaksi dan pembiayaan mereka. Karena Pedagang Sangkumpal Bonang lebih memilih menggunakan produk Bank Konvensional dibandingkan dengan produk Bank Syariah dalam segi transaksi dan pembiayaan. Untuk itu peneliti merasa ada kejanggalan dalam melakukan hasil observasi awal sehingga peneliti tertarik untuk melanjutkan penelitian dengan judul faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pedagang menggunakan produk Bank Syariah (studi kasus pedagang Sangkumpal Bonang) dengan variabel penelitian adalah promosi, pribadi pelayanan dan lokasi. Penelitian ini didukung oleh teori-teori yang dikemukakan oleh para ahlinya seperti teori promosi didefenisikan seperti bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk. Pribadi merupakan karakteristik seperti usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan gaya hidup. Pelayanan adalah kegiatan yang ditawarkan dalam perusahaan untuk konsumen. Selanjutnya lokasi adalah penentuan dimana Bank akan beroperasi. Sedangkan keputusan diartikan seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 80 orang yaitu pedagang Sangkumpal Bonang yang menggunakan produk Bank Syariah. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (uji F) menggunakan bantuan metode SPSS versi 22 sebagai alat hitung. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial tidak ada pengaruh promosi, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pedagang menggunakan produk Bank Syariah. Ada pengaruh pribadi terhadap keputusan pedagang menggunakan produk Bank Syariah. Sementara hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan faktor promosi, pribadi, pelayanan dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pedagang menggunakan produk Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Nasser Hasibuan, M.Si. dan Jumi Atika, M.E.I.
Keywords: Promosi; Pribadi; Pelayanan; Lokasi; Keputusan; Bank syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:33
Last Modified: 17 Jul 2023 03:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8935

Actions (login required)

View Item View Item