Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan

Anriani, Suryana (2020) Pengaruh marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100280.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan lembaga keuangan syariah dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus menciptakan strategi pemasaran yang baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih luas. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, bukti fisik secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS versi 22. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang padangsidimpuan yang berjumlah 4.359 orang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rumus slovin dengan mengambil 10% responden atau sebanyak 98 orang. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan riset lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Selanjutnya teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda, dengan uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji T dan uji F Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) Produk berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan nilai thitung < ttabel (2,149 > 1,661), harga berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,122 > 1,661). Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,445 > 1,661). lokasi berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,799 > 1,661). orang berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,624 > 1,661). proses berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan nilai thitung > ttabel (3,000 > 1,661). Bukti fisik berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,634 > 1,661).Secara simultan (uji f) produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung > ttabel (137,771 > 1,78). Sedangkan uji koefisien determinansi (R2) diperoleh hasil 0,915 atau 91,5% Hal ini menunjukkan bahwa variabel marketing mix berpengaruh terhadap keputusan nasabah sebesar 91,5% dan sisanya 8,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Windari, S.E., M.A.
Keywords: Produk; Harga; Promosi; Lokasi; Orang/karyawan; Proses; Bukti fisik; dan keputusan menjadi nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:55
Last Modified: 13 Jul 2023 08:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8920

Actions (login required)

View Item View Item