Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Islam (PAI) melalui supervisi klinis pada madrasah tsanawiyah (MTs) di Kota Padangsidimpuan

Nasution, Seri Hapni (2023) Upaya peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Islam (PAI) melalui supervisi klinis pada madrasah tsanawiyah (MTs) di Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150100026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional, harus dipahami, dikuasai, dan diterapkan secara seimbang, serta dibina dan ditingkatkan secara berkelanjutan agar dapat berimplikasi positif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah; bagaimana upaya meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui supervisi klinis pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kota Padangsidimpuan?, yang bertujuan untuk untuk mengetahui upaya meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui supervisi klinis pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kota Padangsidimpuan. Sumber data primer penelitian ini adalah Pengawas Madrasah Tingkat Madrasah Tasanawiyah (MTs) dan Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs). Sumber data sekunder adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) PNS dan Non PNS sudah tersertifikasi, serta Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Non PNS belum tersertifikasi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara/intervieu dan dokumentasi. Kesimpulan diperoleh melalui langkah-langkah; reduksi data, penampilan data, dan analisis data dengan metode triangulasi (triangulasi metode dan triangulasi sumber). Hasil penelitian membuktikan, bahwa problematika kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Padangsidimpuan adalah implementasi RPP sebagai perencanaan pembelajaran yang refresentatif belum maksimal. Upaya supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Padangsidimpuan adalah; mengidentifikasi impelementasi kompetensi guru dan permasalahan, memperjelas dan mempertegas unsur-unsur pelaksanaan tugas guru pada setiap tahapan, serta meningkatkan kepercayaan diri guru dalam kegiatan pembelajaran (pendahuluan-inti-penutup). Faktor pendukung pelaksanaan supervisi klinis terhadap guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kota Padangsidimpuan adalah; faktor internal supervisi klinis, motivasi dan semangat guru, pengalaman dan pengetahuan guru, serta program Pendidikan Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGM). Sedangkan faktor penghambat pelaksanaannya adalah; ketersediaan waktu, ketersediaan sarana prasarana dan alat pendukung, serta keterbatasan sumberdaya manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Peningkatan kompetensi guru; PAI; Supervisi klinis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:27
Last Modified: 12 Jul 2023 03:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8914

Actions (login required)

View Item View Item