Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan media pembelajaran puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 101509 Muaratais 2 Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selata

Daulay, Doddy Azhari (2023) Penerapan media pembelajaran puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 101509 Muaratais 2 Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selata. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media Puzzle di kelas V SD Negeri 101509 Muaratais 2 karena salah satu media yang dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar. Adapun tujuan penelitian : untuk mengetahui penerapan media gambar Puzzle pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 101509 Muaratais 2 Kecamatan Angkola Muaratais. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang dilakukan dengan metode 2 siklus. Sumber datanya adalah siswa kelas V SD Negeri 101509 Muaratais 2 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan yang bersifat refleksi dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu di dalam kawasan kelas dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara baik. Dari hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peninggalan sejarah di kelas V SD Negeri 101509 dengan memperoleh nilai rata-rata yaitu : siklus I pertemuan I 65% pertemuan II 67,8%, peningkatan pertemuan I ke pertemuan II 2,8% siklus II pertemuan I 77,1% pertemuan II 80,7%, peningkatan pertemuan I ke pertemuan II 3,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 101509 Muaratais 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti S.Si., M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd.
Keywords: Media puzzle; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:41
Last Modified: 15 Jun 2023 07:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8838

Actions (login required)

View Item View Item